Selasa, 28 Desember 2010

Pilek

Pilek adalah gejala yang timbul karena Influenza atau yang juga biasa lebih dikenal dengan nama Flu dan merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh RNA virus dari famili orthomyxoviridae. Gejala penderita biasanya mengeluarkan lendir dari hidung (umbel : dalam bahasa jawa)

Waktu jaman waktu sekolah dulu, penyakit ini sering banget menemaniku hiks hiks hiks

Apa saja gejala penyakit Pilek?
Gejala pilek termasuk hidung tersumbat atau berair, sakit atau gatal tenggorokan, bersin, suara serak, batuk, dan mungkin demam dan sakit kepala. Banyak orang dengan pilek juga merasa lesu dan lemah. Gejala ini biasanya berlangsung antara tiga sampai 10 hari.

Bagaimana terjadinya penularan pilek?
Pilek biasa biasanya ditularkan melalui sentuhan langsung (hand-to-hand) dengan secret (cairan) yang terinfeksi atau dari permukaan yang telah terinfeksi. Sebagai contoh, jika seseorang dengan tubuh telah terinfeksi pilek menyentuh hidung mereka dan kemudian menyentuh orang lain, orang kedua tersebut kemungkinan bisa menjadi terinfeksi dengan virus. Selain itu, virus pilek dapat hidup pada benda lain di sekitar kita seperti pena, buku, telepon, keyboard komputer, atau cangkir kopi selama beberapa jam dan dengan demikian sesorang dapat terjangkit dari bersentuhan dengan benda-benda ini.

Apakah pilek ada hubungannya dengan terpapar oleh cuaca dingin?
walaupun pilek biasa biasanya terjadi pada musim gugur dan musim dingin, cuaca dingin itu sendiri tidak menyebabkan pilek biasa. Sebaliknya, diperkirakan bahwa selama musim dingin orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan di dekat satu sama lain, sehingga memfasilitasi penyebaran virus. untuk alasan yang sama, anak-anak di tempat penitipan anak dan sekolah sangat rentan untuk terjangkit pilek.

Apa perbedaan antara pilek dan influenza (flu)?
Banyak orang yang bingung dengan perbedaan antara pilek biasa dengan influenza (flu). Influenza biasanya disebabkan oleh virus influenza, sedangkan pilek biasa umumnya tidak. Walaupun beberapa gejala pilek dan influenza mungkin mirip, pasien dengan pilek biasanya memiliki penyakit yang lebih ringan. Sementara pada pasien dengan influenza biasanya lebih parah dan memiliki lebih banyak mengalami keluhan dengan demam, menggigil, sakit kepala, nyeri tubuh, batuk kering, dan kelesuan yang berat.
(copas from isyoe.blogspot.com/2009/12/pilek-pengertian-penyebab-dan.html)

Faktor penyebab pilek :
SECARA ISLAMI
Menurut Ustadz Dhanu, pilek ini disebabkan karena agak terlalu serius dalam memikirkan sesuatu. Jadi sebelum terkena penyakit pilek, penderita dalam memikirkan suatu masalah agak serius dalam berpikir.

SOLUSI ISLAMI
Penderita harus menyadari hal tersebut, dengan berfikir agak rileks, santai tapi tetap konsentrasi. Jangan lupa diiringi dengan mendekatkan diri pada الله , Sholat wajib 5 waktu rutin jangan ada yang bolong-bolong, serta diiringi sholat sunnah tahajud disertai memohon ampun atas segala dosa yang pernah dilakukan.

2 komentar: