Jumat, 31 Desember 2010

Hipertiroid


Hipertiroid adalah suatu keadaan yang disebabkan oleh produksi yang berlebihan dari hormon tiroid teriodinasi. Jumlah penderita penyakit ini kini terus meningkat. Hipertiroid merupakan penyakit hormon yang menempati urutan kedua terbesar di Indonesia setelah diabetes.


 

Mengingat bahwa apa yang terjadi dalam tubuh kita merupakan hubungan timbal balik antara organ maupun sistem kerja organ, maka faktor yang memungkinkan terjadinya kelebihan hormon tiroid tidak hanya terdiri dari satu macam saja (hipertiroid bisa terjadi karena infeksi ataupun tumor, dan bisa karena yang lainnya).

Ciri-ciri umum orang yang mempunyai penyakit hipertiroid antara lain:
* kurus, makan banyak tetapi tidak bisa gemuk
* mata besar (membelalak = exophthalmus)
* keluhan lain pada mata (spt nyeri, peka cahaya, kelainan penglihatan dan conjunctivitis)
* kelenjar gondok membesar (struma nodosa) atau bisa juga tidak
* detak jantung cepat
* ujung jari gemetar.
(copas fromhttp://www.tanyadokteranda.com/artikel/2008/02/waspadai-hipertiroid-yang-semakin-menjamur)

SECARA ISLAMI
Menurut Ustadz Dhanu, penyakit Hipertiroid ini ini diderita oleh seseorang yang dahulunya sebelum kena penyakit ini jika berbicara ngotot. .

SOLUSI ISLAMI

Penderita harus bertaubat sungguh-sungguh dengan cara menyadari bahwa berbicara ngotot itu salah. Tidak hanya menyadari tapi juga harus merubah sifatnya untuk berbicara dengan biasa, normal, tidak ngotot. Jangan lupa diiringi dengan mendekatkan diri pada الله , Sholat wajib 5 waktu rutin jangan ada yang bolong-bolong, serta diiringi sholat sunnah tahajud disertai memohon ampun atas segala dosa yang pernah dilakukan.
Wallahu a'lam bisshowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar