Rabu, 05 Januari 2011

Penyempitan Tulang belakang (Spinal Stenosis)

Penyempitan Tulang belakang (Spinal stenosis) adalah suatu penyempitan dari satu atau lebih wilayah di tulang belakang--paling sering di atas atau punggung bawah. Penyempitan ini menyebabkan tekanan pada saraf tulang belakang atau pada cabang saraf yang keluar dari daerah yang terkompresi.
Stenosis tulang belakang dapat menyebabkan kram, sakit atau mati rasa pada kaki, punggung, leher, bahu atau lengan; hilangnya sensasi di kaki dan kadang-kadang masalah dengan fungsi kandung kemih atau usus. Spinal stenosis ini paling sering disebabkan oleh osteoartritis tulang yang terkait dengan kerusakan.

Gejala
Penyempitan tulang belakang tidak selalu menimbulkan masalah. Tapi kalau daerah-daerah yang menyempit menekan saraf tulang belakang atau saraf tulang belakang, mungkinmenyebabkan tanda dan gejala. Hal ini seringkali diawali secara bertahap dan memburuk dari waktu ke waktu. Gejala paling umum stenosis antara lain:
* Sakit atau kram di kaki
* Nyeri pinggul
* Sakit pada leher dan bahu
* Kehilangan keseimbangan
* Kehilangan fungsi usus atau kandung kemih.

Perawatan
Banyak orang dengan stenosis tulang belakang secara efektif diobati dengan tindakan konservatif. Tapi jika penderita memiliki rasa sakit atau tidak mampu berjalan, dokter anda dapat merekomendasikan operasi tulang belakang. Sedangkan pada usus atau hilangnya fungsi kandung kemih biasanya dianggap sebagai keadaan darurat medis dan memerlukan perawatan bedah secepat mungkin.
(copas from http://www.detikhealth.com/read/2009/12/15/151257/1260526/770/spinal-stenosis)

SECARA ISLAMI
Menurut Ustadz Dhanu, penyakit Penyempitan Tulang belakang ini diderita oleh seseorang yang dahulunya sebelum terkena penyakit ini memiliki amarah yang kuat di dalam keluarga, disertai dengan putus asa.

SOLUSI ISLAMI
Penderita harus bertaubat sungguh-sungguh dengan cara menghilangkan amarah di dalam keluarga, serta segera diselesaikan masalah yang dihadapi disertai rasa optimis bisa menyelesaikan persoalan ada. Jangan lupa diiringi dengan mendekatkan diri pada الله , Sholat wajib 5 waktu rutin jangan ada yang bolong-bolong, serta diiringi sholat sunnah tahajud disertai memohon ampun atas segala dosa yang pernah dilakukan.
Wallahu a'lam bisshowab



2 komentar:

  1. saya terkena penyakit ini. sekarang semuanya menjadi semakin buruk.bahkan saya semakin sulit berjalan. tolong saya jika anda tahu informasi untuk menyembuhkannya

    BalasHapus
  2. dulu alm.papa sya juga terkna pnyakit ini.beberapa bulan stlah tekena pnympitan tulang belakang,papa mengalami lumpu total pd bagian kaki.:'(

    BalasHapus